Thursday, March 24, 2011

Beasiswa UTY, Kuliah Gratis Sampai Lulus

Sebagai kesungguhan untuk ikut memberikan bekal pendidikan dan ilmu pengetahuan bagi generasi bangsa dan mewujudkan knowledge base society, mulai tahun ajaran 2009 lalu Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) memberikan Beasiswa Kuliah Gratis Sampai Lulus S1 dan D3. “Beasiswa ini diberikan kepada siswa-siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu,” ungkap Rektor UTY Bambang Hartadi PhD MM CPA.
Beasiswa tersebut dimaksudkan untuk memutus lingkaran setan, karena dengan bekal pendidikan yang lebih tinggi tentunya kualitas kehidupan juga akan semakin baik. Tahun 2009 lalu UTY sekitar 40 siswa mendapatkan beasiswa tersebut. UTY juga memberikan beasiswa tunai dan potongan pembayaran dalam jumlah yang banyak.

Bambang Hartadi mengungkapkan, UTY punya keinginan kuat membantu para lulusan SLTA untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Karena itu, dalam dua tahun terakhir UTY membuat slogan ‘Mengapa Tidak Kuliah?’ Sebagai perwujudan dari slogan tersebut, selain memberikan beasiswa penuh sampai lulus, pada tahun ajaran 2010 UTY memberikan berbagai Program Keringanan dan Fasilitas bagi lulusan SLTA, yaitu Program Penelusuran Minat dan Bakat dengan keringanan Sumbangan Pengembangan Akademik, keringanan/potongan biaya Sumbangan Pengembangan bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, serta banyak beasiswa lainnya selama masa kuliah.

Bambang Hartadi juga mengungkapkan syukurnya, karena di usia ke-8 tahun terhitung dari saat bergabungnya STIE YO, ABA YO dan STMIK Dharma Bangsa menjadi sebuah universitas bernama UTY tahun 2002 lalu, telah banyak kemajuan dan peningkatan kualitas. Dengan komitmen yang kuat disertai profesionalisme pengelolaan yang ada selama ini, kini pengelola UTY yang terdiri yayasan dan segenap manajemen mencanangkan UTY Maju 2009-2015, dan menjadi universitas penting serta unggul di Indonesia.
Pencanangan tersebut diwujudkan dengan selalu meningkatkan kualitas proses pendidikan maupun kualifikasi pendidikan dosen serta melengkapi sarana-prasarana perkuliahan dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk proses belajar mengajar. Upaya yang dilakukan UTY ternyata mendapat respons positif masyarakat, dengan semakin meningkatnya animo lulusan sekolah lanjutan tingkat atas untuk melanjutkan studi di UTY.

Sedang untuk memenuhi kebutuhan kelas, pada 3 April 2010 ini dilakukan peletakan batu pertama pembangunan pengembangan Kampus UTY Jombor, untuk sarana perkuliahan Fakultas Sains dan Teknologi yang jumlah mahasiswa barunya selalu meningkat tajam. Diharapkan pada 2015 student body UTY menjadi 8.000 mahasiswa. Canangan tahun 2015 tersebut telah ia sosialisasikan dan memperoleh dukungan seluruh komponen di UTY, untuk mewujudkannya.

Saat ini UTY mengelola 4 prodi D3, yaitu D3 Akuntansi, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Manajemen Informatika, 12 prodi S1 yang terdiri Akuntansi, Manajemen, Sastra Inggris, Teknik Informatika, Sistem Komputer, Sistem Informasi, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Arsitektur. UTY juga mengelola 1 Program Pascasarjana Magister Manajemen dan 1 Program Profesi (PPA).

Ditargetkan pada 2015 capaian akreditasi dari seluruh prodi 80% A dan 20% B. Saat ini hampir semua dosen telah berpendidikan S2 dan 17 dosen bergelar doktor atau sedang menyelesaikan program S3. Ditargetkan pada 2015 15% dosen telah bergelar doktor/profesor, dan tidak ada lagi dosen yang hanya bergelar S1. Dalam mengantisipasi kebutuhan dunia kerja di masa mendatang, UTY berencana membuka Program-program S1 yang masih prospektif, di antaranya S1 Pendidikan Bahasa Inggris yang diharapkan dapat dibuka 2010 ini. Berbekal sumber daya dosen yang memadai, UTY juga akan segera membuka Program Pascasarjana S2 maupun S3.

Menurut Humas UTY Drs Rokhmat Akt , agenda Sewindu UTY yang diselenggarakan sampai Oktober 2010 antara lain Capital Market Day and Competition, Simposium Jurnal UTY, Kontes Mata Kuliah Unggulan Universitas, lomba olahraga, donor darah, khitanan massal, Kompetisi Desain Web UTY, Pekan Kreativitas SLTA, Pekan Kreativitas Mahasiswa UTY, Lomba Presenter Siswa SLTA, Pengajian Akbar, Festival Kesenian Mahasiswa, Career Days dan Desa Binaan.

Pendaftaran mahasiswa baru UTY tahun ajaran 2010/2011 dibuka mulai 29 Maret 2010, di Kampus Pusat UTY Jl Ringroad Utara Jombor Sleman Yogya, Kampus FE UTY Jl Glagahsari 63 Yogya, dan Kampus Fakultas Sastra dan Budaya Jl Prof Dr Soepomo SH 21 Janturan Yogya.

UTY memberikan potongan Sumbangan Pengembangan Akademik bagi mereka yang mendaftarkan diri April 2010. Besarnya potongan didasarkan nilai rata-rata rapor mulai Semester 1 Kelas X sampai Semester 1 Kelas XII.

No comments:

Post a Comment